Jumat, 22 Juni 2012

TIPS MERANGKAI STOMPBOX


TIPS MERANGKAI STOMPBOX



      Assalammualaiku wr. wb. gimana nih kabarnya gan, kali ini saya akan posting tentang "bagaimana sih cara merakit stompbox ?"  sebenernya sih tidak ada patokan yang baku untuk merangkai efek stompbox. Cuma, bagaimana kita merangkai efek stompbox yang kita miliki untuk menghasilkan sound yang bagus. Nah, kebetulan saya dapet dari forum sebelah ni gan, untuk itu saya mencoba berbagi pengetahuan tentang dasar-dasar merangkai efek gitar. langsung aja deh gan....



pada umumnya evek gitar terbagi-bagi beberapa macam gan, nih contohnya :


1. Distorsi/Overdrive
       Pada umumnya setiap gitaris pasti menggunakan effek ini. Kecuali gitaris klasik atau jazz gan. Efek ini digunakan untuk mengasilkan suara gitar yang rusak/hancur. Akan lebih maksimal apabila di-plot setelah noise gate. Disini saya merekomendasikan Proco Rat, Boss Distortion DS-1(distortion), Ibanez Tube Screamer TS-808(overdrive).

2. Modulation

        Efek modulasi, mmmm..... efek ini memberikan suatu warna tersendiri untuk memperindah sound gitar. Biasanya terdiri dari Phaser, Chorus, Flanger, Pitch Sifter, Tremolo, Rotary, Ring Modulator, dll. Mungkin saya tidak bisa menjelaskan satu per satu disini. Tapi, suatu saat anda bisa melihat postingan tentang hal ini di blog ini. Modulator sebaiknya disimpan di tengah-tengah rangkaian. Diantara distorsi/overdrive dan Delay. Disini saya merekomendasikan POD Line 6 Modulation Modeler MM-4.

3. Noise Gate

       Sound gitar biasanya memiliki noise yang cukup mengganggu apabila kita bermain live gan seperti bunyi "zzzttttzzzzt" atau "Tenngggggggggggggggg" (hehe). Untuk menghilangkan berbagai noise yang cukup mengganggu, anda bisa menggunakan effek noise gate. efektif gan, supaya kinerja noise gate terasa maksimal, sebaiknya pedal ini dipasang diawal rangkaian gan. Disini saya merekomendasikan Boss Noise Suppressor NS-2.      

4. Delay/Reverb

      Lebih cocok dipasang di akhir rangkaian. Efek ini digunakan untuk memberikan efek gema atau echo agar suara yang di hasilkan lebih menarik dan terkesan harmonis gan. Saya merekomendasikan Boss Digital Delay DD-3 dan POD Line 6 Delay Modeler.

5. Wah

      Cara kerja efek ini sama dengan knob tune pada gitar gan. Efek ini mengatur kejernihan dan ketajaman sound dan menghasilkan suara seperti 'waouw-waouw'. Efek ini memiliki dua model. Footwah dan Autowah. Footwah, dikendalikan secara manual menggunakan pedal wah. Autowah, bekerja secara otomatis dengan settingan tertentu. Sebaiknya effek ini dipasang berdampingan dengan foot volume, dan diselipkan diantara noisegate dan distorsi/overdrive.


Berikut beberapa konfigurasi yang bisa dicoba

  1. GITAR --> kompresor --> distorsi --> wah --> flanger --> chorus --> delay --> reverb --> AMPLI
  2. GITAR --> distorsi --> delay --> reverb--> AMPLI
  3. GITAR --> kompresor --> distorsi --> delay --> AMPLI
      sebenarnya stompbox tidah sepenuhnya bergantung pada konfigurasi gan, tergantung kita bagaimana feel yang cocok sebagai gitaris.


Di bawah ini adalah skema-skema rangkaian yang dapat kita lakukan dengan pedal line selector, kebetulan dapet dari forum sebelah gan :

1. A/B mode, channel A untuk backing sound, channel B untuk solo melodi


















2. A+B Mix / By pass mode, setting ini adalah mix antara sound untuk solo gitar di channel A dan backing sound di channel B


















3. A/B mode, set up ini biasanya digunakan untuk switching antara loop A/B dengan tuner


















4. A—->B / bypass mode, pada set up ini digunakan apabila kita menggunakan 2 gitar yg berbeda, ato gitar dengan synthetizer, kita bisa memilih menggunakan sound yg kita butuhkan




















5. Output select mode, digunakan untuk memilih 2 ato 3 output. misalnya antara ampli tabung ato ampli transistor, dll





Sekian deh gan posting dari saya, semoga bermanfaat.. kalau ada pertanya'n silahkan aja gan, atau via chating pun ok..
matur thankz gan..


4 komentar:

  1. wuaaa tkz mas baguzz,, insyaALLAH ilmunya bermanfaat

    BalasHapus
  2. amiinnn mas yose...
    makasih udah berkunjung ke sini...

    ini juga' ilmu dari anda...
    :)

    BalasHapus
  3. Jual Efek Gitar Stompbox/Analog Handmade clone Murah berkualitas
    Kami adalah Jasa pembuatan Efek Gitar Stompbox/Analog Handmade Clone dengan harga yang terjangkau namun berkualitas. Untuk Info Lebih lengkapnya bisa kunjungi Link di bawah ini :

    http://www.handswiredguitareffect.blogspot.com

    BalasHapus